Selasa, 14 November 2017

Knowing Your Limits


Tidak sedikit orang celaka karena ketidaktahuan akan batasan kemampuan dirinya. Rasa takut berlebihan yang menyebabkan proteksi berlebihan pula,  malah berimbas mengenaskan. Lebih dari itu, ketika seseorang terjangkit penyakit angkuh dan menganggap remeh bahaya kemudian melebihi batas kemampuan dirinya, hal itu dapat menyebabkan kematian.

Foto : Nurhuda (Dokumentasi Imosa)



Manusia diciptakan dengan berbagai sistem sensorik dan motorik pada tubuhnya. Semua sistem tersebut berfungsi sebagaimana fungsi dan kebiasaannya. Jika seseorang hidup di perkotaan yang memiliki kontur permukaan tanah datar,  maka tubuhnya akan berproses dan terprogram siap digunakan di medan datar pula. Ketika digunakan di medan menanjak di sekitar pegunungan, maka sensornya akan mengirim sinyal kaget yang menyebabkan tubuhnya tidak siap, sehingga tubuh akan merasa takut, kaku dan sulit bergerak secara efektif karena pada dasarnya medan yang dihadapi memiliki tingkat kesulitan yang lebih dari kebiasaannya. Ibarat sebuah peribahasa “alah bisa karena biasa”.

Kegiatan alam bebas merupakan kegiatan yang mengandung resiko, sehingga bagi setiap orang, baik pemula maupun profesional yang akan berkegiatan harus mengetahui dan memahami prosedur karena bahaya bisa menimpa kepada siapa saja yang lalai dalam menjalankan prosedur.
Pada dasarnya, setiap kegiatan memiliki prosedur yang sama pada bagian kegiatan yang umum dan berbeda dalam bagian kegiatan teknis.

Secara definisi,  prosedur adalah
prosedur/pro•se•dur/ n 1 tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas; 2 metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah ((https://kbbi.web.id/prosedur). 
Prosedur adalah serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang baku (sama) agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama, semisal prosedur kesehatan dan keselamatan kerja (https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur). 

Jika melihat definisi diatas,  maka secara umum prosedur terbagi kedalam beberapa bagian :
1.            Prosedur harus memiliki tujuan
2.            Prosedur harus memiliki aktivitas
3.            Prosedur harus memiliki cara yang baku

Apa tujuan dibuatnya sebuah prosedur? Prosedur merupakan  media untuk membantu calon pelaku memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat.

Dari definisi dan tujuan dibuatnya prosedur diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa prosedur merupakan langkah kerja yang didalamnya memiliki aturan yang disandarkan kepada pengetahuan, langkah kerja, dan keamanan bagi pelaku untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. 

Prosedur bagi penggiat alam bebas secara umum

I.             Ilmu Pengetahuan

Bagi calon penggiat alam bebas mutlak harus memiliki ilmu pengetahuan. Ilmu apa yang harus dimiliki ?
Penggiat alam bebas harus memiliki ilmu survival yang merupakan ilmu pertama yang harus dimiliki. Sebab didalamnya kita akan belajar pokok-pokok penting yang akan memandu kita dalam bertahan hidup di medan yang bukan dari kebiasaan kita.
(penjelasan ilmu survival bisa dibaca pada tulisan survival action bagian 1-5)

II.            Kemampuan Teknis

Collin Mortlock (seorang pakar pendidikan alam bebas) mengkategorikan kemampuan yang diperlukan oleh para penggiat alam terbuka sebagai berikut:
1.            Kemampuan teknis (technical skills), yaitu kemampuan yang berhubungan dengan ritme dan keseimbangan gerakan serta efisiensi penggunaan perlengkapan
2.            Kemampuan kebugaran fisik (pschycal fitness skills), mencakup kebugaran spesifik yang dibutuhkan untuk kegiatan tertentu, serta kemampuan pengkondisian tubuh terhadap tantangan alam.
3.            Kemampuan kemanusiaan (human skills), mencakup pengembangan sikap positif terhadap semua aspek untuk meningkatkan kemampuan.
Hal ini mencakup kemauan (determinasi), percaya diri, kesabaran, konsentrasi, analisa diri, kemandirian, serta kemampuan untuk memimpin dan dipimpin.
4.            Kemampuan pemahaman lingkungan(environmental skills), yaitu pengembangan kewaspadaan terhadap bahaya dari lingkungan yang spesifik.
Keempat kemampuan diatas bisa kita jadikan panduan yang harus disiapkan sebelum melakukan kegiatan menembus rimba ataupun mendaki gunung.

III.           Kesiapan Mental

Dalam penjelasan survival kita harus bisa vanquish fear & panic dan value living. Collin Mortlock mensyaratkan human skill yang artinya kita harus memiliki kesiapan mental dalam beraktivitas. Pada dasarnya kegiatan alam bebas adalah kegiatan yang didalamnya terkandung tantangan, adrenalin, dan bahaya.
  
Jika kita bisa memahami uraian diatas maka tanyakan pada diri kita sudah sebanyak apa pengetahuan kita? Apa saja keterampilan yang kita miliki? Siapkah mental kita? Jika semuanya sudah dipastikan siap maka segeralah berkemas dan pergilah ke alam bebas dan…..

  • temukan berbagai ilmu pengetahuan untuk kebaikan hidup kita
  • temukan berbagai kesulitan untuk perbaikan kualitas hidup kita
  • temukan berbagai keajaiban untuk rasa syukur kita
  • dapatkan ketenangan untuk kita bisa berkontemplasi dengan diri kita


Kemudian ambilah hikmah dari apa yang didapatkan untuk kebaikan semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar