Kamis, 16 November 2017

Survival Action Bag_8


L -Live by Your Wits, But for Now, Learn Basic Skills

Kita harus siap hidup dengan keterbatasan, antara lain keterbatasan fasilitas, sarana, alat, bekal, dan teman. Untuk itu kita harus melatih diri dengan kecerdasan berfikir dan mempelajari keterampilan-keterampilan dasar seperti membuat perlindungan, membuat api, mencari air dan makanan, menaksir cuaca, geomorfologi, gejala alam, perilaku binatang, dan lain-lain.
Keterampilan-keterampilan dasar itu dibutuhkan saat terjebak dalam kondisi survival. Selain itu perlu juga diketahui prinsip dasar dan sistem kerja sebuah alat dan keterampilan dasar seperti :


  • Membagi beban bawaan ransel dengan memposisikan barang bawaan yang berat ditengah dan lebih dekat ke punggung serta mengatur load lifter/stabilizer dan waist belt/hip belt ransel agar beban tidak semuanya menggantung di bahu. 
  • Fungsi dari golok adalah ketajamannya, kita bisa mengganti dengan batu atau kaleng bekas makanan untuk fungsi tajam
  • Perlindungan berfungsi menjaga suhu tubuh agar tidak keluar dan menjaga suhu dingin dari luar. Jika belum punya perlindungan,  maka bisa disiasati dengan berdiam di lokasi yang tidak terkena angin langsung.
  • Api dihasilkan dari sumber panas, panas bisa dihasilkan dari gesekan, benturan dan yang lainnya. 
  • Kita bisa membuat api menggunakan bantuan cahaya matahari dan kaca pembesar. Kaca pembesar bisa diganti dengan air yang diisi dalam plastik atau bisa diganti dengan cermin atau kemasan makanan yang berwarna perak.
  • Untuk menjaga suhu tubuh agar tidak panas berlebih dan cepat haus, maka kita harus berjalan pelan-pelan dan menghirup napas dengan hidung, sebab jika dengan mulut maka udara tidak tersaring dan akan membuat kerongkongan cepat kering yang menimbulkan haus.
  • Daun pakis bisa digunakan sebagai alas saat tidur yang berfungsi sebagai pengusir beberapa jenis serangga, mensterilkan udara dan berguna untuk pemulihan tubuh yang letih. 
Banyak orang mengatakan alam adalah anugerah Tuhan yang kaya akan sumber ilmu pengetahuan, obat-obatan dan tempat paling tepat untuk menyegarkan pikiran. Maka bagi mereka yang berkegiatan di alam sudah semestinya menggali ilmu-ilmu yang terkandung didalamnya sebagai penunjang untuk keselamatan dalam berkegiatan dan lebih jauh untuk menyebarkan ilmu pengetahuan.

Delapan bagian yang saya ulas dari pengertian makna kata SURVIVAL telah selesai ditulis.  Pengulasan yang saya lakukan disandarkan kepada pengalaman pribadi dan beberapa pengalaman teman, serta beberapa literasi yang ada dibuku-buku kegiatan alam bebas.
Ringkasnya semua ilmu pengetahuan dan keterampilan tidak akan berguna jika kita tidak memiliki “the will”, keinginan pada diri kita. Bagian penting agar bisa keluar dari kondisi survival adalah keinginan untuk bertahan hidup dan melanjutkan kehidupan yang lebih baik.

Sebagai penutup, ilmu survival adalah ilmu yang harus dimiliki tapi tidak untuk dipraktekan. Ilmu ini adalah ilmu yang harus dijaga keutuhannya dengan dasar nilai tanggung jawab dalam penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar