Rabu, 03 Mei 2017

Semua Punya Aturan

Ketika mulai banyak generasi muda yang memiliki hobi mendaki ada setitik asa tumbuhnya generasi baru yang tangguh, handal, ulet, disiplin, jujur, berjiwa sosial dan memahami keseimbangan dalam kehidupan.



Namun semuanya seakan sirna ketika melihat bekas pendakian. Sampah plastik bertebaran, tumpukan arang bekas perapian menggunung, tisu bekas buang hajat menjadi pemandangan yang menjijikan.
Lebih mengerikan lagi ketika mendengar penafsiran mereka tentang hakekat alam bebas yang dianggap bebas melakukan apapun semaunya sendiri tanpa adanya aturan.
Tidak.....tidak.....tidak begitu saudaraku.
Saudaraku, berkegiatanlah dengan tertib,  mentaati segala peraturan & memahami hakekatnya.
Saudaraku, berkegiatanlah dengan aman. Tambah pengetahuan, kemampuan dan gunakanlah peralatan & perbekalan yang direkomendasikan oleh para ahli.
Supaya semua merasa nyaman, tak usah lah kau berteriak terlalu kencang jika tidak diperlukan, menyanyi dengan keras ditengah malam, berkegiatan tak penting dijalanan umum. Jika kau hendak istirahat, menepilah ke pinggir dan jika tidak ada toilet berdisiplinlah dalam buang hajat dengan menggali & menutupnya, juga tentu harus menjauh dari sumber mata air, jalanan & lokasi perkemahan.

Ingatlah, tumbuhan kecil, sisa makanan, filter rokok, & bungkus permen jangan pernah kau remehkan.
Semua mempunyai aturan. Mari bersama belajar memahami peraturan demi keselamatan serta citra yang lebih baik bagi para penggiat alam bebas Indonesia dimata dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar