Kamis, 19 Mei 2016

Global Positioning System ( GPS )

Global Positioning System ( GPS ) adalah alat bantu untuk menentukan keberadaan kita dimuka bumi. Saat ini GPS sudah sangat dikenal hingga ke anak usia SD sekalipun, hal ini dipicu dengan bermunculannnya fitur GPS diberbagai smartphone. Bahkan sebuah film yang bercerita tentang pekerjaan detektif mengulas pengusutan pembunuhan dengan cara memanfaatkan akses GPS & Navigasi dari HP korban. 


Dokumentasi Pribadi

Banyak orang beranggapan berjalan menembus rimba & mendaki gunung cukup hanya dengan membawa gps tanpa membawa peta & kompas ( alat bantu navigasi manual ), Pemahaman ini jelas keliru karena GPS hanya bekerja untuk menentukan posisi saja dengan memberikan nilai kordinat adapun untuk mengetahui dimana kordinat tersebut maka kita harus memiliki peta jadi secara otomatis menggunakan GPS harus mampu membaca peta.

Lalu bagaimana dengan GPS terbaru yang mempunyai fitur yang lebih canggih, kita bisa memasukan peta SRTM & peta RBI dengan format JPEG ke dalamnya sehingga kita bisa mengetahui posisi langsung di GPS tanpa perlu membawa lembaran peta. Ya itulah perkembangan teknologi yang perlu kita sikapi secara bijak dengan mengukur keuntungan & keterbatasannya. saya akan coba memberikan gambaran keuntungan & keterbatasan GPS

Keuntungan menggunakan GPS

1. Menentukan posisi
2. Merekam jejak perjalanan
3. Memandu arah perjalanan
4. Mengetahui jarak lintasan ke titik sasaran
5. Menampilkan peta

Keterbatasan GPS

1. Membutuhkan Batere (Berarti membutuhkan biaya)
2. Membutuhkan tranmisi satelit, minimal 2 satelit.
3. Harganya terbilang mahal


Jika dilihat dari keuntungan & keterbatasannya maka penggunaan GPS itu lebih menguntungkan karena bisa mempermudah aktifitas kita, namun jika keterbatasannya muncul saat kita sedang berada dilapangan maka kita akan kerepotan karena fungsi mempermudahnya hilang. Oleh karena itu kita harus bijak dalam menggunakan GPS dengan tanpa melupakan ilmu dasar navigasi darat, yaitu penguasaan membaca peta & penggunaan kompas secara manual.

Secanggih apapun perkembangan teknologi GPS kita tetap harus lebih meningkatkan kemampuan penguasaan membaca peta & penggunaan kompas. karena GPS lebih banyak keterbatasaanya dibandingkan peta & kompas secara manual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar