Selasa, 26 Juli 2016

Perbekalan Pendaakian 28-30/06/2016

Diantara ritual sebelum mendaki biasanya kita harus menyiapkan peralatan dan perbekalan, mulai dari merencanakan, pemenuhan, pemaketan hingga ke distribusi. Kegiatan ini menjadi penunjang yang harus benar-benar dipersiapkan dengan baik, sebab perbekalan merupakan amunisi bagi kesuksesan sebuah pendakian. 


Pemenuhan perbekalan Ekspedisi Carstensz 2016

Begitu juga dengan kami, saat akan melakukan sebuah pendakian kami menyusun sebuah rencana peralatan dan perbekalan yang disandarkan kepada kebutuhan operasional pendakian, kebiasaan, kebutuhan gizi serta safety. 

Sebelum menyusun peralatan dan perbekalan ada beberapa panduan yang bisa kita gunakan agar apa yang akan kita lakukan bisa berhasil dengan baik, diantaranya :
1. Rencana Operasi Pendakian
2. Lokasi
3. Cuaca
4. Kebiasaan anggota tim
5. Informasi ketersediaan (bahan makanan dan alat)
6. Aturan dan pantangan 

Setelah kita memiliki data diatas maka susunlah rencana menu berdasarkan waktu.


 Setelah menyusun daftar menu kita bisa membuat daftar belanja. 


Agar mudah dalam menyusun menu dan daftar belanja, kita bisa menggunakan Microsoft Excel dengan menggunakan Sort & Filter.

Langkah selanjutnya adalah belanja berdasarkan daftar belanja. Yang perlu diingat, terkadang saat belanja apa yang sudah direncanakan tidak dapat terpenuhi semuanya dikarenakan stok yang habis. Hal ini sering terjadi terutama di daerah yang jauh dari pusat perkotaan. Oleh karena itu kita harus menyiapkan alternatif pengganti.

Jika semua daftar belanja sudah terpenuhi, maka kelompokkan bahan makanan sesuai dengan jenisnya. Hal ini dimaksudkan agar kita mudah dalam membuat paket. Setelah perbekalan dan peralatan dikelompokkan berdasarkan paket makanan, maka langkah selanjutnya adalah distribusi. Agar mudah dalam penggunaan di lapangan, maka saat akan mendistribusikan kita harus membuat daftar paket dan daftar orang yang mengangkut. Agar peralatan dan perbekalan aman dan terlindung, maka gunakanlah alat-alat pelindung seperti plastik, bulsak atau dry bag.

Untuk beberapa jenis makanan yang memerlukan penanganan khusus, maka gunakanlah alat khusus untuk menyimpannya. Contohnya telur, gunakanlah egg holder dan jika membawa buah-buahan, kita bisa membungkusnya dengan tisu dan melindunginya dengan container atau bisa juga menggunakan dry bag yang dikembungkan dengan udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar