Senin, 06 Juni 2016

SURVIVAL action_bag 3

R -Remember Where You Are


Ingat, kamu ada dimana?

Ingat lokasi titik awal berangkat, jika kita berangkat menggunakan panduan peta dan kompas maka kita bisa menganalisa seberapa jauh kita harus kembali? medan apa saja yang akan kita lewati.


Ingat lokasi tujuan, jika kita sudah menetapkan lokasi tujuan maka sudah seharusnya kita tahu arah perjalanan.

Ingat lokasi berhenti, jika ditengah perjalanan kita sempat beristirahat maka kenali daerah tersebut.

Ingat lokasi sumber air, dalam sebuah perjalanan sumber air merupakan satu tempat yang mesti kita masukan ke dalam list cek poin.

Ingat lokasi aman untuk berlindung, jika kita merencanakan perjalanan maka kita juga mesti merencanakan lokasi yang aman untuk berlindung sebagai antisipasi jika kendala melanda kita.

Kita juga mesti tahu lokasi bahaya yang harus dihindari saat diperjalanan agar bisa berkegiatan dengan aman.

Collin Mortlock, menjelaskan bahwa seorang penggiat alam bebas harus memiliki keterampilan MEMBACA LINGKUNGAN/ENVIRONMENT SKILL, mengapa keterampilan ini menjadi syarat yang harus dimiliki? sebab bagi seorang penggiat alam bebas harus bisa meretas potensi bahaya dan potensi yang bermanfaat dimedan yang akan dia kunjungi, oleh sebab itu dia harus tahu cara membaca lingkungan yang diantaranya adalah :
1. Membaca medan
2. Membaca cuaca
3. Mengenali habitat dan vegetasi

Pada dasarnya ketiga hal diatas merupakan dasar dari upaya kita untuk bisa memunculkan sebuah bahaya dan manfaat disebuah medan dimuka bumi ini, kita bisa mempelajari ketiganya baik dari buku ataupun langsung mendapatkan bimbingan dari penduduk asli.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar