Kamis, 02 Juni 2016

SURVIVAL Action_bag 1

Size up the situation

Sadari situasi!!!
Dokumentasi Pribadi
Ketika kita terjatuh dalam kondisi survival maka kita harus segera mengevaluasi situasi dan kondisi diri kita beserta orang yang bersama kita, kita harus menyadari kondisi apa yang sedang dialami dan tindakan apa yang dilakukan. Kunci dari keberhasilan seseorang keluar dari kondisi survival adalah tidak panik dan memiliki daya juang yang tinggi. maka ketika kita terjatuh ke dalam kondisi survival ingatlah istilah SPEAR:

Stop
Planing
Execute
Action
Reevaluation

Size Up Your Surroundings

Sadari kondisi sekitar!!!

Dimana kita berada? 
Medan seperti apa yang kita hadapi?
Kondisi bahaya apa yang mengancam? 
Apa yang bisa kita manfaatkan?

Ingatlah....,seringkali para survivor yang mampu bergerak mereka ditemukan di lembah dan sungai, pertanyaannya mengapa mereka mengejar air? menurut beberapa pengalaman dan asumsi ada 4 alasan kenapa survivor cenderung berada dilembah dibandingkan dipunggung gunung?

1. Survivor beranggapan bahwa medan lembah terdapat sungai yang bisa mengantarkan mereka ke perkampungan.
2. Survivor terkena dehidrasi dan hipotermi sehingga secara naluri mereka akan mencari air.
3. Survivor terjebak dalam kondisi yang mereka sulit untuk naik ke punggung gunung
4. Survivor sudah tidak memiliki daya juang dan cenderung berjalan ke arah yang lebih rendah.

Adapun jika kita menjadi survivor maka kita harus berusaha untuk berada dipunggung gunung agar mudah ditemukan oleh tim pencari. jika kita akan bergerak untuk mencari jalan keluar maka kita harus membuat tanda-tanda yang mengarahkan ke pergerakan kita.

Size Up Your Physical Condition

Sadari kondisi fisik!!!

Apakah fisik kita masih kuat untuk berjalan?
Apakah badan kita ada yang cedera?
tTndakan apa yang bisa segera dilakukan untuk memulihkan kondisi fisik kita?

penting harus kita ingat bahwa banyak orang yang berhasil dari kondisi survival meskipun fisiknya sudah payah, dalam film Touching The Avoid dikisahkan bahwa meskipun kakinya sudah patah dan terjebak didalam goa es dengan berbagai kerkurangan alat dan perbekalan namun dia mampu terus bergerak dengan merangkak dhingga akhirnya selamat dan ditemukan kedua temannya yang menunggu di basecamp. bagaimana dia bisa melakukan itu?tentu ada faktor pendukung diantaranya:

1. Pengetahuan
2. keterampilan
3. keinginan dan kerja keras
4. Ketentuan Tuhan

dalam buku-buku survival sering diulas bahwa yang terpenting dari semua yang penting bagi seseorang yang ingin bisa keluar dari kondisi survval adalah THE WILL, sebab dengan memiliki keinginan yang kuat seseorang bisa melawan penderitaan, bisa membuat apa yang tidak mungkin dan melakukan apapun sampai benar-benar dia sudah tidak bisa lagi.

Size Up Your Equipment

Sadari kondisi peralatan!!!

Peralatan adalah penunjang yang kita butuhkan untuk mendukung segala tindakan yang akan diambil. bisa jadi perlatan yang kita miliki harus kita tinggalkan agar pergerakan kita bisa lebih cepat atau justru sebaliknya kita harus membuat beberapa peralatan agar kita bisa bertahan. 




disarikan dari berbagai sumber....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar