Selasa, 03 Mei 2016

Cara Membangun Perlindungan



Setiap daerah memiliki kearifan lokal untuk menjaga keamanan, keselamatan dan ketentraman. Oleh karena itu, kita harus cerdas dalam menangkap pesan tersebut. Dalam ilmu survival dikenal istilah "act like the natives" yang mengisyaratkan kita harus beradaptasi dengan lingkungan, baik dengan manusia maupun alamnya, karena sehebat dan sepandai apapun kita, merekalah yang lebih pandai dan hebat karena terbiasa hidup di lingkungannya.


Foto Noer Hoeda
Perhatikanlah bagaimana kebiasaan penduduk lokal dalam setiap aktivitasnya, begitu juga dengan kebiasaan hidup binatang yang kita jumpai, karena dengan kebiasaan mereka, kita bisa menangkap pesan-pesan untuk kelangsungan hidup.

Diantara yang terpenting dari yang penting saat kita melakukan penjelajahan adalah kemampuan untuk membangun perlindungan karena dengan perlindungan kita akan merasa memiliki pertahanan. Oleh sebab itu, urutan pertama yang terpenting dalam survive adalah membangun perlindungan. Berikut beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam membangun perlindungan:

  • Pastikan lokasi kita bukan di jalur binatang.
  • Pastikan pohon-pohon di sekitar kita tidak ada yang rapuh.
  • Pastikan medan istirahat kita adalah medan yang aman dari banjir & longsor.
  • Hindari beristirahat dekat pohon tumbang yang lapuk.
  • Hindari beristirahat di medan terjal & tanjakan.
  • Usahakan dekat dengan sumber air.
  • Usahakan di lokasi yang memiliki tumbuh-tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat perlindungan, makanan, dan bahan bakar.
Disamping menjalankan persyaratan di atas, kita juga butuh kesadaran akan pentingnya menjaga keseimbangan alam, dimana kita harus bijak dalam setiap memanfaatkan potensi alam yang kita gunakan dengan secukupnya untuk mempertahankan kelangsungan hidup kita Jika kita cukup membuat api unggun kecil untuk memasak dan menghangatkan tubuh, maka buatlah yang kecil tidak usah yang besar. Jika kita cukup dengan 3 meter lahan untuk membuat perlindungan, maka buatlah 3 meter tidak usah 10 meter.

Selamat mencoba dan menonton di https://www.youtube.com/watch?v=PHYdEJc7TPc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar