Rabu, 27 April 2016

Cerdas Bergiat (bag 2)


Selain pengetahuan maka ada beberapa keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan bergiat dialam bebas, sebenarnya kegiatan ini biasa kita lakukan diperkotaan namun kondisi ruang yang berbeda membutuhkan pengetahuan serta peralatan yang berbeda.

1.    Mencari lokasi berkemah, beberapa kejadian orang meninggal dihutan, mereka meninggal karena tertimpa pohon saat tidur dan terseret air banjir. Oleh karena itu memilih tempat berkemah harus dilokasi yang tepat. Ada beberapa persyaratan dalam memilih tempat berkemah diantaranya : tidak dijalur binatang, tidak ditempat yang rendah, tidak dipintu angin, tidak dipinggir sungai yang deras, tidak dibawah pohon yang lapuk/tua. Idealnya lokasi berkemah dengan dengan sumberdaya yang dapat menunjang kelangsungan hidup, dekat dengan sumber air, kayu kering dan bentukan medan yang melindungi anda dari unsur-unsur diatas.




Dokumentasi Penulis

2.    Membangun perlindungan, Perlindungan adalah tempat yang dianggap aman dan nyaman bagi seseorang untuk berlindung dari segala bentuk yang dianggap merugikan dan membahayakan. Membangun perlindungan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan, yang terpenting dalam membangun perlindungan adalah bisa melindungi panas tubuh kita agar tidak terlalu panas yang mengakibatkan dehidrasi dan heat stroke atau terlalu dingin yang mengakibatkan hipotermia juga melindungi kita dari gangguan binatang. Terkadang untuk berlindung sementara kita cukup beristirahat dicerukan batu.

Foto : Noer Hoeda
3.    Membuat perapian, Api adalah sumber panas dan pembakar yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia sehingga sudah semestinya kita selalu menyiapkan komponen yang bisa menghasilkan api. Jika kita terjaduh dalam kondisi keterbatasan maka kita dituntut untuk bisa membuat api dan perapian. Ada 3 unsur dalam membuat api yang mana jika salah satunya hilang maka api tidak akan menyala, pemahaman terbaliknya jika kita ingin mematikan api maka hilangkan salah satu unsurnya.
Aliran udara,  dalam menyusun perapian kita harus memperhatikan aliran udara yang masuk ke titik api agar kita tidak perlu cape meniup sehingga dalam penyusunan kita harus memperhatikan arah angin.
Bahan bakar, ada beberapa acuan yang bisa kita lakukan dalam memilih kayu yang mudah untuk dibakar, pilihlah tumbuhan yang berdaun kecil karena biasanya tumbuhan berdaun kecil memiliki batang yang besar dan memiliki kandungan air sedikit, seperti pohon rasamala, sebaliknya tumbuhan yang berdaun lebar biasanya memiliki batang yang tidak keras dan mengandung air banyak, seperti tumbuhan kucubung.
Pembakar, pembakar bisa kita dapatkan dari beberapa cara diantaranya korek api, korek gas dan fire steel yang dibawa, jika kehilangan ketiganya ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti memanfaatkan cahaya matahari diantaranya dengan menggunakan alat suryakanta kita bisa memanfaatkan cahaya matahari yang terik dengan difokuskan ke bahan bakar yang kita siapkan.
Memanfaatkan gesekan dua benda baik itu batu dengan batu, batu dengan besi, kayu dengan kayu dan sebagainya yang terpenting adalah kita tahu bagaimana cara menghasilkan sumber panas yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan api.

Foto : Noer Hoeda

4.    Menemukan sumber air bersih, air adalah komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia sehingga dalam kegiatan alam bebas air menjadi sumber yang lebih diutamakan dibandingkan makanan. Saat berada dialam bebas menemukan air adalah keterampilan penting yang harus dimiliki. Diantara cara mendapatkan sumber air bersih adalah dengan menganalisa peta topografi, sungai digambarkan dengan garis biru terputus-putus untuk sungai temporer dan garis biru tersambung untuk sungai permanen, bersatunya beberapa lembahan dalam satu ceruk besar dan punggungan habis yang digambarkan dipeta diapit oleh dua punggungan. Selain mata iar kita juga bisa mendapatkan sumber air dari tanaman seperti air yang terjebak dikantung semar, air yang terjebak didaun lebar dan dipohon beruas seperti bambu atau air yang bisa kita hasilkan dari binatang seperti pada bagian mata, darah  dan daging. Yang perlu diingat seberapa banyak kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tubuh kita bagaimana cara mendapatkannya dan perlukah kita mengolahnya terlebih dahulu agar setiap keputusan yang kita ambil mengutungkan untuk hidup kita.

Dokumentasi Pribadi
5.    Identifikasi tumbuhan, alam memiliki ekosistem yang seimbang, didalamnya terdapat beragam jenis tumbuhan yang hidup saling mengisi, keberagamannya menjadikan keuntungan tersendiri bagi kehidupan manusia, dalam kondisi kehabisan bekal maka tumbuhan adalah salah satu potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup. Tentunya butuh pengetahuan dan kenal terhadap jenis tumbuhan yang layak konsumsi bagi tubuh manusia. Ingat tidak semua tumbuhan yang dimakan binatang bisa dimakan oleh manuisa. Secara umum tumbuhan bisa dikelompokan menjadi tumbuhan sebagai sumber air, tumbuhan sebagai makanan, tumbuhan sebagai obat dan tumbuhan berbahaya.

Dokumentasi Pribadi

.......(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar